Skip to main content

5 Makanan Sumber Kolagen Alami yang Bikin Wajah Sehat

5-makanan-sumber-kolagen.jpg

5-makanan-sumber-kolagen.jpg

Nah, siapa coba yang udah sering banget baca kalimat kayak gitu di berbagai produk kesehatan dan kecantikkan? Hampir semua produk tersebut, sekarang mengandung kolagen. Eh, tapi sebenarnya manfaat kolagen itu sendiri apa sih?

Kolagen sendiri adalah salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Kandungannya di dalam tubuh kita, mencapai 30% . Kolagen sendiri memiliki peranan yang cukup penting bagi tubuh manusia. Ibaratnya, kolagen adalah “lem” yang menyatukan tubuh kita sehingga kuat, terstruktur, dan elastis.

Fungsi kolagen untuk wajah sendiri adalah menjaga elastisitas kulit wajah, membuat warna kulit menjadi merata, melembapkan kulit wajah, dan mempercepat proses penyembuhan kulit wajah. Tubuh kita sendiri, sebenarnya dapat memproduksi kolagen secara alami.

Tapi nih,  girls, ternyata produksi kolagen bisa lho berkurang seiring bertambahnya usia. Biasanya, fungsi tersebut akan berkurang di usia 40 tahun. Eits, tapi nih, hal itu bisa cepat terjadi lho kalau kamu sering terpapar sinar matahari dan zat polusi. Maka dari itu, konsumsi makanan sehat yang mengandung kolagen secara alami juga perlu kamu lakukan. Nah, ini dia makanan yang bisa kamu coba :
 

Wortel

Si cerah berwarna oranye ini, mengandung Vitamin A dan Vitamin C yang memiliki jumlah cukup banyak di dalamnya. Kedua vitamin tersebut, dapat meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit. Sehingga, meningkatkan produksi kolagen secara alami. Wortel juga bisa mengurangi produksi sebum yang berlebih sehingga kulit menjadi lebih kenyal dan cerah.

Ubi

Dikenal sebagai salah satu makanan pengganti nasi, ubi yang banyak mengandung karbohidrat ini juga bisa meningkatkan fungsi kolagen secara alami lho girls. Di dalam ubi, terdapat vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan vitamin E yang dapat menjaga elastisitas dan memperbaiki tekstur kulit wajah.

Alpukat

Buah yang satu ini, udah sering banget digunakan sebagai bahan utama bagi kesehatan dan kecantikkan. Salah satunya, untuk masker wajah dan juga hair mask. Alpukat mengandung vitamin C, vitamin E, dan lemak tak jenuh yang baik untuk antioksidan menangkal sinar ultraviolet. Selain itu, kandungan lutein di dalam alpukat dapat membantu kadar air bagi kulit menjadi lebih baik

Telur

Sebagai salah satu sumber protein yang mengandung Vitamin B. Selain itu, telur juga mengandung asam amino lisin dan prolin yang merupakan komponen pokok dalam pembentukan kolagen. Kandungan ini bisa kamu temukan baik di dalam putih telur ataupun kuning telur.

Ikan

Kandungan zat zinc yang cukup tinggi dan juga kandungan Omega 3. Kedua kandungan tersebut, dapat membantu peningkatan kolagen dan juga mencegah radikal bebas yang bisa mengganggu perkembangan kolagen.

Nah, 5 makanan tersebut, mudah banget lho kamu temukan untuk dikonsumsi sehari-hari. Selain makanan tersebut, pola hidup dan pola makan juga harus kamu perhatikan untuk menjaga kandungan kolagen di dalam kulit.  Jangan lupa juga untuk rutin berolahraga supaya kesehatan kulit tetap terjaga.