Skip to main content

5 Benda di Sekitar Kamu untuk Kurangi Minyak di Wajah

5-benda-di-sekitar-kamu-untuk-kurangi-minyak-di-wajah.jpg

5-benda-di-sekitar-kamu-untuk-kurangi-minyak-di-wajah.jpg

Untuk kita yang masih remaja, kulit berminyak itu merupakan salah satu musuh bebuyutan, deh. Selain rentan berjerawat, kulit berminyak itu sering terlihat kusam dan nggak fresh. Tapi kamu tidak perlu khawatir, Girls.Karena ternyata banyak benda-benda di sekitar kamu yang bisa bantu untuk kurangi minyak di wajah kamu.

Dari pada terus penasaran, lebih baik simak terus untuk tahu apa saja 5 benda di sekitar kamu untuk kurangi minyak di wajah.

Oatmeal

Selain dapat mengurangi peradangan pada kulit, ternyata oatmeal juga dapat menyerap minyak berlebih yang ada di wajah. Kamu bisa menjadikan oatmeal ini sebagai masker.

Caranya, campur oatmeal yang sudah dihaluskan dengan yogurt, madu, atau bisa juga dengan berbagai macam buah seperti pisang, apel, atau pepaya yang sudah dihaluskan.

Selanjutnya, campuran ini tinggal kamu oleskan ke wajah, lalu diamkan selama 3 menit. Setelah itu tinggal kami bilas dengan air hangat dan keringkan wajahmu.

Putih telur dan lemon

Selain oatmeal, kombinasi kedua bahan ini berguna untuk mengencangkan pori-pori wajah dan asam yang terkandung dalam lemon atau jeruk-jeruk yang lain dapat menyerap minyak yang berlebih. Lemon juga dikenal sebagai antibakteri yang dapat mengurangi bakteri di kulit wajah penyebab jerawat

Caranya, kamu tinggal mencampur 1 putih telur dengan 1 sendok teh air perasan lemon. Aduk, lalu aplikasikan ke wajah dan tinggalkan sampai masker kering. Lalu bersihkan dengan air hangat dan keringkan wajahmu.

Lidah buaya

Benda lainnya yang dapat kamu gunakan untuk mengurangi minyak di kulit wajah adalah lidah buaya. Lidah buaya ternyata mengandung anti peradangan, antibakteri, dan juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Kamu tinggal mengoleskan cairan lidah buaya di kulit wajah sebelum tidur, lalu besok paginya tinggal kamu bilas dengan menggunakan air hangat. Tapi sebelumnya pastikan dulu bahwa kulit kamu tidak sensitif terhadap lidah buaya dan tidak alergi. 

Kamu bisa melakukan tes kecil dengan mengaplikasikan sedikit cairan lidah buaya ke belakang telinga kamu. Kalau dalam waktu 24-48 jam tidak ada reaksi kulit memerah atau radang, tandanya kamu tidak alergi terhadap lidah buaya.

Tomat

Girls, ternyata benda yang sering ada di kulkas, yaitu tomat, mengandung salycid acid yang biasa digunakan untuk mengobati jerawat. Asam yang dikandung oleh buah tomat juga dapat menyerap minyak berlebih dan dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat.

Kamu bisa menggunakan tomat ini sebagai masker exfoliating. Campur satu sendok teh gula dengan 1 buah tomat yang sudah dihancurkan. Aplikasikan masker ke kulit dengan gerakan memutar, lalu biarkan selama 5 menit.

Setelah kering, bilas dengan air hangat dan keringkan wajahmu. Kamu juga bisa mengaplikasikan tomat segar yang sudah dipotong langsung ke wajah kamu sebagai masker.

Madu

Madu dikenal dengan kandungan antibakteri dan antiseptiknya yang dapat mengurangi minyak dan mengatasi peradangan jerawat di kulit. Selain itu, madu juga dapat membuat kulit kamu tetap lembab tanpa membuatnya berminyak.

Kamu bisa langsung menggunakan madu ini sebagai masker. Aplikasikan tipis-tipis saja, tapi merata, lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu tinggal kamu bilas dengan air hangat. Lakukan ini maksimal 2 kali seminggu, dijamin kulit kamu bebas dari minyak berlebih.

Nah, itu dia 5 benda di sekitar kamu yang bisa digunakan untuk kurangi minyak di wajah. Mudah, kan? Jangan lupa dipraktekan, ya, Girls!